Home » » Sejarah ISPI Banyumas

Sejarah ISPI Banyumas

Written By ISPI Banyumas on 22/05/08 | 5/22/2008

Pendiri ISPI Banyumas
Berawal dari adanya kepedulian beberapa kawan sarjana pendidikan untuk ikut memikirkan pendidikan di Banyumas, maka muncul ide untuk membentuk suatu wadah/organisasi profesi. Dalam perkembangannya terjalin komunikasi dengan Prof. Dr. H. Soedijarto, M.A. (Ketua Umum PP-ISPI) dan Prof. Dr. Trisno Martono, MM (Ketua PD-ISPI Jawa Tengah). Melalui proses diskusi, muncul kesepahaman perlunya sosialisasi ISPI dan kemungkinan dibentuknya Pengurus Cabang ISPI Banyumas.

Selanjutnya, hasil kesepahaman tersebut dikomunikasikan kepada berbagai tokoh pendidikan dan kawan-kawan sarjana pendidikan yang berdomisili di Banyumas. Paling tidak, hampir setengah tahun proses berjalan. Hasilnya, respon dari mereka cukup antusias dan mendukung. Latar belakangnya pun beragam mulai dosen, guru, dindik, pegawai pemkab, praktisi pendidikan, PNS, pegawai swasta dan profesi lainnya. Asal perguruan tinggi pun beragam, ada alumni IKIP Bandung (UPI), IKIP Muhammadiyah/UMP, IKIP Semarang/Unnes, IKIP Yogyakarta/UNY, IKIP Jakarta/UNJ, UNS, IKIP Malang/UNM, STAIN Purwokerto, IAIN Yogyakarkat/UIN, IAIN Semarang, IAIN Jakarta/UIN dan perguruan tinggi lainnya.

Sosialisasi ISPI
Setelah melalui proses panjang, pada hari Ahad, tanggal 18 Pebruari 2008 bertempat di Ruang Rapat Lantai 2 UMP diadakan pertemuan para sarjana pendidikan yang berdomisili di Banyumas dengan agenda sosialisasi dan pembentukan pengurus. Saat itu yang menyampaikan sosialisasi adalah Bapak Prof. Dr. H. Tukiran Taniredja, M.M. dan Deni Kurniawan As’ari, S.Pd mewakili Pengurus Daerah Jawa Tengah setelah keduanya diberi mandat. Hadir sebanyak 33 sarjana pendidikan dari 50 orang yang diundang. Sedangkan sebagian lainnya tidak bisa hadir karena ada acara yang tidak bisa ditingggalkan dan menyatakan mendukung acara tersebut. Kegiatan sosialisasi dan pembentukan pengurus ISPI Cabang Banyumas sendiri dihadiri oleh Rektor UMP dan Kepala Bidang Pendidikan Menengah, Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Drs. H. Eko Sumaryono, M.Pd.  sekaligus berkenan memberi sambutan dan membuka kegiatan.

Selanjutnya untuk lebih memantapkan hasil sosialisasi pertama, maka pada hari Ahad, tanggal 11 Mei 2008 di ruang rapat lantai 2 SMA Negeri 2 Purwokerto diadakan pertemuan kedua. Agendanya meliputi pembahasan kepengurusan sekaligus pemantapan calon pengurus. Pertemuan ini juga menjadi ajang persiapan pelantikan yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 17 Mei 2008, tepat pada tanggal dan bulan kelahiran ISPI berbarengan/ikut dengan kegiatan Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh FKIP UMP.

Pelantikan sendiri dilakukan oleh Ketua Pengurus Daerah ISPI Jawa Tengah, Bapak Prof. Dr. Trisno Martono, MM.
Share this article :

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Selamat, atas pelantikan Pengurus ISPI cabang Banyumas.

Semoga kiprahnya dapat bermanfat bagi dunia pendidikan yang masih bobrok sampai sekarang.

Anonim mengatakan...

Terima kasih atas dukungan saudari.
Semoga harapannya terwujud. ISPI Banyumas bisa ikut mewarnai dalam memajukan pendidikan di Kabupaten Banyumas.



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI) - Kontak Person : 0812 2935 3524
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger