Home » » Seminar Internasional MEMBANGUN BANGSA MELALUI PENDIDIKAN HATI

Seminar Internasional MEMBANGUN BANGSA MELALUI PENDIDIKAN HATI

Written By ISPI Banyumas on 02/04/08 | 4/02/2008

Semua Negara di dunia sedang menghadapi krisis besar karena merosotnya moralitas dari kehidupan sehari-hari. Tindak kekerasan, kriminalitas, narkoba, AIDS, pertikaian SARA, kerusakan lingkungan, korupsi dan lain-lain adalah sebuah krisis besar sedang melanda dunia sekarang ini; sebuah kemerosotan hebat di dalam nilai-nilai kemanusiaan.

Krisis moral yang menimpa bangsa Indonesia semakin menjadi-jadi yang ditandai dengan maraknya kenakalan siswa SMP dan SMA, tindak asusila, kekerasan, pembunuhan, perjudian, pornografi, meningkatnya kasus kenakalan remaja, penyalahgunaan narkoba, minum-minuman keras, serta menjalarnya penyakit sosial lain yang makin kronis. Akibatnya, tingkat kenyamanan dan keamanan warga masyarakat sudah merosot tajam dibandingkan waktu-waktu sebelumnya.

Menurut pengamat sosial, terjadinya krisis moral seperti sekarang sebagian bersumber dari kesalahan lembaga pendidikan nasional yang dianggap belum optimal dalam membentuk kepribadian peserta didik. Lembaga pendidikan kita dinilai menerapkan paradigma patrialistik, karena memberikan porsi sangat besar untuk transmisi pengetahuan, namun melupakan pengembangan sikap, nilai dan perilaku dalam pembelajarannya.

Dimensi sikap juga tidak menjadi komponen penting dari proses evaluasi pendidikan. Hal demikian terjadi karena model penilaian yang berlaku untuk beberapa mata pelajaran yang berkaitan dengan pendidikan nilai selama ini hanya mengukur kemampuan kognitif peserta didik.

Orientasi pendidikan nasional yang cenderung melupakan pengembangan dimensi nilai (affective domain) telah merugikan peserta didik secara individual maupun kolektif. Tendensi yang muncul adalah peserta didik akan mengetahui banyak tentang sesuatu, namun ia menjadi kurang memiliki sistem nilai, sikap, minat maupun apresiasi secara positif terhadap apa yang diketahui. Anak akan mengalami perkembangan intelektual yang tidak seimbang dengan kematangan kepribadian, sehingga melahirkan sosok spesialis yang kurang peduli dengan lingkungan sekitarnya dan rentan mengalami distorsi nilai. Sebagai dampaknya, peserta didik akan mudah tergelincir dalam praktek pelanggaran moral karena sistem nilai yang seharusnya menjadi standar dan patokan berprilaku sehari-hari belum begitu kokoh.

Tujuan Kegiatan
1. Mengoptimalkan pembelajaran nilai di sekolah (konsep dan model pembelajaran pendidikan nilai di sekolah yang efektif).
2. Menginternalisasikan pendidikan nilai dalam pembelajaran sebagai model pendidikan hati agar peserta didik menjadi insan cemerlang (manusia yang berakhlaq mulia).

Pembicara Utama
1. Dr. Art-Ong Jumsai Na-Ayudhya,B.A, M.A, D.I.C.
(Director of Institute of Sathya Sai Education Thailand)
2. Prof. Dr. H. Mohammad Ali, M.Pd., M.A (Dirjen Pendidikan Tinggi Islam Depag RI)

Bentuk Kegiatan
1. Saresehan, hari Senin 14 April 2008 pukul 14.00 s.d 22.00 WIB. Peserta: + 200 orang Magister dan Doktor Alumni Prodi Pendidikan Umum/Nilai Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia. Tempat : Lt. III Sekolah Pascasarjana UPI Bandung
2. Seminar Internasional, hari Selasa, 15 April 2008 pukul 08.00 s.d. 15.00 WIB. Peserta: + 400 orang (Guru, Dosen, Mahasiswa, Tokoh berbagai agama, Wirausaha, dll.). Tempat: Gedung Pertemuan Kampus Universitas Pendidikan Indonesia Jl. Dr. Setibudi No. 229 bandung 40154.

Pendaftaran dan Pembayaran
Biaya pendaftaran dapat diserahkan langsung kepada Panitia yang bertugas di Sekretariat Pendaftaran bertempat di kantor Program Studi Pendidikan Umum/Nilai Sekolah Pascasarjana UPI Bandung Jalan Dr. Setiabudhi NO. 229 Bandung 40154 atau melalui transfer ke rekening H. Syofyan Sauri, Drs. BNI UPI No. Rek. 0022345167

Waktu 14 -15 April 2008
LokasiKampus Universitas Pendidikan Indonesia Jl. Dr. Setibudi No. 229 Bandung
Pesertaa. Guru-guru SD/sederajat, sampai dengan SMU/Sederajat
b. Para Dosen Negeri/Swasta
c. Mahasiswa/i
d. Wiraswastawan
e. Tokoh berbagai agama
f. Undangan lainnya
BiayaRp. 200.000 (dua ratus ribu rupiah)
KontakKantor Program Studi Pendidikan Umum/Nilai Sekolah Pascasarjana UPI Bandung Jalan Dr. Setiabudhi NO. 229 Bandung 40154

CP :
Wulan Sari : 08562212581
URL
Download File


Sumber:
http://alumni.upi.edu/?p=Agenda&id=23

Share this article :

0 komentar:



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI) - Kontak Person : 0812 2935 3524
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger