Home » » Kurang dari 10 Persen Dosen yang Lakukan Penelitian

Kurang dari 10 Persen Dosen yang Lakukan Penelitian

Written By ISPI Banyumas on 10/12/08 | 12/10/2008

Kamis, 11 Desember 2008 | 01:33 WIB

Jakarta, Kompas - Penelitian yang dilakukan dosen yang mengajar di perguruan tinggi negeri dan swasta masih rendah. Jumlah dosen yang tercatat meneliti belum mencapai 10 persen dari sekitar 150.000 dosen tetap di perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh Indonesia.

”Penelitian dosen kami masih rendah, masih lebih banyak dilakukan dosen di perguruan tinggi negeri. Baru sekitar 12.000 dosen yang terdata melakukan penelitian. Akibatnya, penerbitan jurnal ilmiah kami juga rendah,” kata Fasli Jalal, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas, dalam rapat kerja Komisi X bersama Menteri Negara Riset dan Teknologi, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas, serta Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pertanian di Jakarta, Rabu (10/12).

Fasli menyebutkan, sejauh ini kontribusi Indonesia baru 0,8 artikel per satu juta penduduk. Angka tersebut jauh dibandingkan dengan India yang penduduknya berjumlah 1,1 miliar, kontribusinya mencapai 12 artikel per satu juta penduduk.

Anggaran penelitian di perguruan tinggi pada 2009 mencapai Rp 1,2 triliun. Penelitian di perguruan tinggi akan disinergikan dengan agenda riset nasional serta kondisi dan tantangan yang dihadapi bangsa saat ini.

Menteri Negara Riset dan Teknologi Kusmayanto Kadiman mengatakan, pengembangan riset dan teknologi difokuskan pada enam bidang, yakni ketahanan pangan, energi baru dan terbarukan, teknologi informasi dan komunikasi, transportasi, pertahanan dan keamanan, serta kesehatan dan obat. ”Para peneliti sekarang masih ditantang agar penelitiannya sesuai dengan agenda riset nasional,” ujarnya. (ELN)


Share this article :

0 komentar:



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI) - Kontak Person : 0812 2935 3524
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger